Telkomflash unlimited

Minggu, 24 Mei 2009

HISTORY The search engine (Search Engine)


Perkembangan Search Engine berawal dari diciptakannya perangkat lunak bernama Archie oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa dari Universitas McGill, Monteral, Kanada, pada tahun 1990. Perangkat lunak Archie mampu mengindeks file-file yang terdapat pada FTP server publik. Ini merupakan aplikasi pertama yang digunakan untuk mencari informasi di Internet, sehingga Archie di nobatkan sebagai nenek moyang Search Engine.

Search Engine berikutnya adalah Veronica ( Very Easy Rodent-Oriented Net-Wide Index to Computerized Archives ) dan Jughead ( Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display ), yang mampu mengindeks halaman-halaman plain text yang terdapat pada server gopher.

World
Wide Web Wanderer merupakan aplikasi Search Engine pertama yang menggunkan teknologi robot dalam melakukan proses indeks halaman-halaman web yang terdapat pada web server. Aplikasi ini dirintis oleh Matthew Gray, seorang mahasiswa dari MIT. Namun Sayang, aplikasi ini menimbulkan kontroversi, karena akibat dari kinerja robot ini menghabiskan bandwith yang sangat besar.

Berikutnya, pada tahun 1993, Martijn Koster membuat ALIWEB ( Archie-Like Index of the Web ). ALIWEB mengizinkan pengguna internet men-submit halaman webnya untuk diindeks dengan teknologi kumpulan meta-data.

Aplikasi-aplikasi di ataslah yang menginspirasi lahirnya teknologi Search Engine yang baru. Mulai dari munculnya website Search Engine WebCrawler, InfoSeek, Yahoo, Lycos, AltaVista, Excite, HotBot, ,AllTheWeb, Google, ViviSimo, Baidu, dan Banyak lagi yang lainnya.

Lahirnya Yahoo, telah membuat penggunaan Search Engine meningkat.Yahoo didirikan oleh dua orang kandidat Doctoral dari Universitas Stanford, David Filo dan Jerry Yang. Kemudian disusul oleh Lycos yang merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Camogie Mellon, Juli 1994, oleh Michael Maudlin.AltaVista di keluarkan Desember 1995 oleh Digital Equipment Corporation's ( DEC ). Terakhir, HotBot dibangun 20 Mei 1996 dan merupakan produk keluaran Inkomotomi Corporation yang didirikan oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier dari Universitas California Berkeley. Google muncul pada akhir 1997, yang dirintis oleh dua mahasiswa Ph.D dari Stanford, Laryy Page dan Sergey Brin.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar