Telkomflash unlimited

Minggu, 07 Juni 2009

Apa itu LAN ? MAN ? WAN ?

Ada beberapa tipe jenis desain jaringan, mungkin yang sering kita dengar yaitu LAN (Local Area Network). Tetapi bukan cuma LAN saja, diantaranya yaitu MAN, SAN,CAN dan semua yang berakhiran “AN” ( :P ).

Tetapi jangan khawatir, jika kamu tahu kata pertama dari tiap singkatan, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

LAN

Jika kamu belum pernah dengar LAN, singkatannya adalah Local Area Network. Biasanya, kamu akan kira bahwa desain jaringan LAN tidak dapat menyebar luas ke region yang lebih besar (dan kamu benar). LAN hanyalah jaringan sederhana dari beberapa komputer, meskipun LAN dapat mencapai beberapa gedung.

Pada contoh dibawah, kamu bisa lihat bahwa jaringan dibagi dengan router, yang digunakan untuk menghubungkan ke internet.

Umumnya ada tiga hal yang harus diingat tentang LAN :

  • 1. Beroperasi pada area geografik tertentu.
  • 2. Memperbolehkan user yang cukup banyak untuk akses media dengan kemampuan bandwith yang tinggi.
  • 3. Full-time connectivity dengan local services.

LAN adalah konsep yang mudah untuk digunakan, mungkin yang paling simpel diantara semua jaringan. Nyatanya, jaringan komputer dimulai dengan koneksi LAN. Sejak lahirnya LAN, kita diberikan teknologi yang lebih maju seperti WAN. WAN WAN adalah jaringan yang menginterkoneksi LAN. Jika ada perusahaan yang memiliki kantor di 3 daerah yang terpisah dan perusahaan itu ingin saling berhubung dengan satu jaringan yang sama, pasti mereka harus berpikir bagaimana cara untuk menghubungkan LAN mereka.

Perbedaan WAN dengan LAN yaitu WAN memperbolehkan kamu untuk mengirim pesan ke seseorang di dunia, dan LAN tidak dapat melakukannya karena hanya mencakup lokasi geografik yang kecil. Kamu juga pasti pernah menggunakan WAN, karena Internet merupakan WAN terbesar di bumi. Melihat dari segi global, kamu dapat melihat bahwa WAN merupakan jaringan yang terkumpul oleh banyak orang, sedangkan LAN biasanya dijalankan oleh organisasi tertentu (dan biasanya cuma hanya ada satu administrator).

Tiga hal yang perlu diingat pada umumnya :

  • 1. Beroperasi menggunakan interface serial.
  • 2. Biasanya menyediakan bandwith lebih rendah dibandingkan LAN.
  • 3. Full-time remote resources yang terkoneksi dengan local services

Bagaimana dengan MAN dan CAN?

MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network. Seperti namanya, mencakup area metropolitan seperti kota. Mungkin kamu akan bertanya apa bedanya dengan LAN dan WAN. MAN menyebar pada area geografik yang lebih besar daripada LAN. MAN biasanya digunakan untuk bisnis dan organisasi yang memiliki lokasi yang berbeda dalam suatu kota. Bank juga merupakan contoh dari MAN.

Sedangkan CAN adalah Campus Area Network. Seperti namanya juga, jenis ini mencakup area kampus. Sama seperti MAN pada umumnya, tetapi mempunyai tujuan yang lebih spesifik.

SAN

SAN merupakan singkatan dari Storage Area Network. Memiliki high performance network yang dapat memindahkan data antara server atau resource lain. SAN digunakan untuk menghubungkan mesin storage ke dalam “farm” supaya bagian lain dari jaringan dapat menggunakan dari ruang storage tersebut.

Tipe Jaringan Lainnya

Setelah kita mengetahui beberapa jenis dari Jaringan, kita dapat memperdalam jenis - jenis jaringan. Mungkin kamu pernah dengar WLAN atau wireless local area network (seperti LAN tapi tanpa kabel atau nirkabel). Mungkin juga pernah dengar PAN atau personal area network. PAN digunakan pada jaringan kecil dengan menggunakan Perangkat Mobile seperti telpon. Contohnya yaitu berhubung dengan bluetooth.

Jenis jaringan dapat berubah di masa depan, jadi sering - sering membaca, melihat perkembangan desain jaringan. Setelah semua yang kita bahas, dari LAN yang mudah sampai sekarang, mungkin dimasa yang akan datang masih ada akhiran “AN” yang lain.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar